Cara Merawat Sepeda Kesayangan Agar Tetap Awet Seperti Baru

Keseringan menggunakan sepeda dapat membuat peralatan olahraga tersebut mudah kotor dan rusak jika tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat. Maka dari itu, Anda perlu menjaga dan merawat kondisi kendaraan yang dikayuh ini secara rutin dengan cara membersihkannya.

Ketika membersihkan sepeda, Anda bisa sekaligus melakukan pengecekan keseluruhan pada komponen sepeda. Periksalah bagian-bagian terkecil seperti baut sepeda, sekrup, rantai, tekanan ban, hingga remnya. Cara ini akan membuat sepeda Anda selalu dalam kondisi siap pakai.

Lantas, bagaimana cara agar sepeda tetap awet seperti baru? Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk merawatnya supaya tahan lama.

Membersihkan Sepeda dengan Cara yang Benar

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk merawat sepeda bisa dimulai dengan membersihkan secara keseluruhannya dengan benar. Anda bisa menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkannya, namun tetap menghindari beberapa bagian seperti hubs, bottom bracket, kabel, dan shifter yang telanjang.

Setelah mencuci keseluruhan sepeda, keringkan dengan cara diangin-anginkan atau dijemur agar sisa air dapat menguap.

Menghilangkan Kotoran Pada Komponen Sepeda

Dalam merawat sepeda Mountain Bike (MTB), ada banyak bagian yang harus dijaga secara teliti. Olehnya, saat akan mencuci Anda perlu melepaskan komponen-komponen kecil terlebih dahulu seperti handlebar, lampu, spidometer, dan lainnya. Setelah itu, letakkan pada standarnya agar sepeda siap dibersihkan.

Anda dapat mulai membersihkan sistem penggerak sepeda dan roda seperti rantai, ban, pedal, gir, dan rear derailleur. Jika sudah selesai, lanjutkan pada bagian badan sepeda di mana bagian ini cukup mudah untuk dibersihkan. Apabila semuanya sudah bersih, segera pastikan semua komponen tersebut bekerja dengan baik, khususnya bagian rem.

Ketika terjadi beberapa kendala, Anda dapat memberikan pelumas dengan oli baru sebagai pertolongan pertama. Namun, jangan sampai melewatkan pemeriksaan ke bengkel sepeda untuk memastikan keadannya tetap dalam kondisi prima.

Menempatkan Sepeda Ketika Tidak Digunakan

Cara merawat sepeda yang tidak kalah penting yaitu bagaimana Anda menempatkan sepeda saat tidak digunakan. Pastikan Anda meletakkannya di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak terpapar sinar matahari atau air hujan secara langsung agar tidak menimbulkan karat.

Selain itu, usahakan untuk tidak menyimpan sepeda terlalu lama karena dapat membuat sepeda lebih mudah rusak. Jika Anda tidak akan menggunakannya untuk waktu yang lama, sebaiknya usahakan menggantungnya agar roda tidak langsung terkena lantai.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu melindungi komponen lain yang ada pada sepeda seperti frame, ban, dan hand grip perlu dilindungi agar tidak rusak karena gangguan dari luar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *